PENDAHULUAN

 

1.    Identitas Sekolah                     :

-       Nama Sekolah                     :  SMP KARTIKA IV-6
-       Nomor Statistik Sekolah      :  204052426087
-       NPSN                                 :  20523767
-       Alamat                                 :  Jl. Raya Suyitman No. 125 Ambulu
   Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember
-       Nomor Telepon                    :  (0336) 881396

 

2.    Identitas Kepala Sekolah  

-          Nama                             :  Drs. Agus Priyanto, M.MPd.
-          Tempat, Tgl. Lahir          :  Jember, 12 Agustus 1962
-          Alamat                            :  Jl. Raya Suyitman No. 127 Ambulu
-          Nomor Telepon / HP       :  03317848212

3.    Jumlah Guru                              :  16 orang

4.    Jumlah Karyawan                     :    3 orang


5.    Tuliskan secara ringkas kinerja sekolah, mencakup visi dan misi serta program-program unggulannya.  Apa yang dituliskan hendaknya menggambarkan dan sesuai dengan apa yang dilaporkan dalam dokumen ini.
 SMP Kartika IV-6 Ambulu berdiri sejak Tahun 1966, diawali dengan Nama SMP Saraswati, kemudian berubah nama menjadi SMP Tujuh Belas Agustus, dimana Yayasan yang mengelola adalah Yaysan Lokal setelah berjalan beberapa tahun, tahun 1973 Yayasan tersebut menyerahkan kepada Yayasan Persid Kartika Candra Kirana maka berubahlah nama lembaga tersebut menjadi SMP Kartika sampai sekarang. SMP Kartika IV-6 terletak di Desa Ambulu, Kecamatan Ambulu merupakan salah satu sekolahan yang tertua di Kecamatan Ambulu yang sampai sekarang tetap eksis, dan memberikan andil kepada Pemerintah khususnya Menuntaskan Wajib Belajar 9 Tahun.
SMP Kartika IV-6 Ambulu memiliki Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai berikut : tenaga guru sejumlah 16 orang dan tenaga kependidikan sejumlah 3 orang, dari jumlah 16 guru sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa guru SMP minimal berkualifikasi S.1 / Akta IV, kondisi guru di SMP Kartika IV-6 75% berkualifikasi ijazah S.1 / Akta IV.
Kurikulum SMP Kartika IV-6 Ambulu adalah Kurikulum Operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing–masing komponen yang ada di lembaga. Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan ini meliputi Tujuan Pendidikan Nasional yang disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sistem pendidikan dan peserta didik.

Visi :
Menjadikan siswa yang unggul dalam prestasi akademik maupun non akademik berlandaskan iman, taqwa, dan berbudi pekerti luhur.

Misi :
1.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan prestasinya.
2.    Melaksanakan bimbingan dan latihan olah raga secara kontinyu.
3.    Membimbing dan menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari – hari.
4.    Meningkatkan kwalitas kompetensi guru dan karyawan dalam mewujudkan Standar Pelayanan Minimal.
5.    Meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan untuk mendorong peningkatan mutu pembelajaran.
6.    Meningkatkan ketrampilan peserta didik dalm kecakapan hidup.

Program – Program Unggulan :
a)   Melaksanakan pembinaan olah raga secara kontinue
b)   Melaksanakan pembinaan seni musik secara kontinue
c)   Melaksanakan pembinaan seni tari secara kontinue
d)   Melaksanakan pembinaan kepramukaan secara kontinue
e)   Melaksanakan pembinaan rohani melalui istighosah dan tahlil setiap jum’at





7.  Jelaskan kondisi lingkungan   sekolah ini yang menggambarkan kondisi setempat yang khas, dan ciri-ciri khusus para siswanya. Uraian di bagian ini hendaknya mencakup pula peluang yang ada atau rintangan yang dihadapi bagi pencapaian prestasi belajar atau prestasi lainnya, juga jelaskan kondisi khusus yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar (misalnya kondisi sosial-ekonomi keluarga siswa, atau para siswa dengan kebutuhan khusus).
        SMP Kartika IV-6 terletak di dalam kota sebelah timur jalan raya, dan koramil, sebelah utara rumah warga, sebelah barat Kantor UPTD dan SDN Ambulu 01, sebelah selatan berbatasan dengan rumah warga. Mayoritas siswa berdomisili di sekitar sekolah, ciri khusus siswa SMP Kartika kebanyakan mempunyai sosial ekonomi menengah ke bawah di samping ada sebagian yang mempunyai ekonomi sosial menengah ke atas. Kebanyakan pula siswa yang masuk di SMP Kartika dengan kemauan sendiri.
        Rintangan yang dihadapi dalam pencapaian prestasi belajar adalah kurangnya siswa dalam belajar di samping lokasi sekolah yang dekat dengan jalan raya sehingga mengakibatkan kurang konsentrasinya siswa dalam belajar karena bising oleh suara kendaraan, kurangnya perpustakaan, laboratorium dan lain – lain, yang sangat kurang memadai dan alat pembelajaran yang tidak lengkap.

                                    Photobucket                
Photobucket

Categories:

One Response so far.

  1. denissa says:

    bagi alumni bongkatan '83 pengen temu kangen dengan rekan2. Tolong hubungi nomor pribadi saya +6285249706445. Tutut S.

Leave a Reply